Minggu, 04 Oktober 2015

Pengertian dan unsur-unsur organisasi
                Pengertian Organisasi merupakan sekumpulan orang – orang yang di susun dalam kelompok – kelompok, yang berkerjasama untuk mencapai tujuan bersama,Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih,organisasi adalah  bentuk kerjasama untuk struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang berkerja sama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi menurut para ahli : Organisasi menurut Stoner organiasasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar
tujuan bersama. Organisasi menurut chester I.Bernard Organisasi Menurut Chester I. BernardOrganisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
1. Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Informal dan Organisasi
 Organisasi Formal
Organisasi Formal Adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang meningkatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional Contoh:  Sekolah, Negara, Dll
·         Organisasi Informal
       Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari Contoh: Arisan ibu-ibu, Belajar bersama

       Secara umum organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.

Kebutuhan perusahaan akan penting nya peranan organisasi akan di sesuaikan dengan seberapa besar anggota perusahaannya.Karena semakin sedikit anggota perusahaan semakin sederhana fungsi-fungsi pengorganisasian yang dilakukan.Demikian juga kalau perusahaan yang mula-mula anggotanya sedikit kemudian berkembang sehingga jumlah anggota terus bertambah semakin banyak maka kebutuhan organisasi semakin besar.
Dari Definisi Di Atas Disimpulkan Bahwa Organisasi Mencakup 3 ElemenPokok :
  • Interaksi manusia·         
  • Kegiatan yang mengarah pada tujuan·         
  • Struktur organisasi itu sendiri

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan  semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif  dan efisien. Para ahli ekonomi umumnya mempunyai pengertian yang berbeda tentang manajemen, berikut pengertian dengan demikian sebenarnya manajemen itu hampir pasti selalu ada setiap kegiatan manusia sebab kita sebagai manusia akan selalu berusaha berkumpul dan bekerja sama.
Manajemen & Tata Kerja Manajemen Perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan Tata kerjaMengartikan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Jadi, untuk melaksanakan pekerjaan secara efisien mengenai suatu pekerjaan dengan mempertimbangkan tenaga kerja, watu dan dapat dimanfaatkan dengan tepat agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan tata kerja yang baik dapat diartikan dalam proses pencapaian tujuan sudah dilakukan secara praktis. Jadi hubungan antara manajemen dengan tata kerja ialah proses kegiatan dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber serta waktu agar pelaksanaan kegiatan tercapai tujuannya.

Manajemen, Organisasi & Tata kerja

Manajemen: Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusiaOrganisasi: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokanTata Kerja: Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisienPengertian organisasi Menurut Stephen P. Robbins, dalam bukunya Organization Theory, Organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan batas yang relative dapat ditentukan, dan berfungsi secara berkesinambungan untuk mencapai tujuan bersama. Definisi ini mengandung beberapa usur, Yaitu:

1.       Kesatuan sosial, berarti bahwa organisasi itu terdiri dari kelompok manusia yang tentunya berinteraksi satu sama lain.
2.       Koordinasi secara sadar, berarti bahwa interaksi manusia itu diatur sehingga merupakan kesatuan yang berjalan kea rah tertentu.
3.       Batas tertentu, berarti bahwa organisasi membedakan antara anggota (nagian organisasi) dan bukan anggota (bukan bagian dari organisasi).
4.       Kesinambunbgan, berarti gbahwa organisasi dibentuk untuk waktu yang tidak terbatas, sehingga merupakan usaha yang berjalan (going concern)
5.       Tujuan bersama, bersama bahwa organisasi di bentuk untuk mencapai se suatu yang tidak bias di capai oleh para anggotanya secara individual.


                Definisi serupa di berikan oleh David R. Hampton dalam bukunya Management, bahwa organisasi adalah suatu pengelompokan manusia yang relative bertahan lama dalam suatu system yang terstruktur dan berkembang di mana usaha-usahanya yang terkoordinir di maksudkan untuk mencapai tujuan dalam lingkungan yang dinamis. Definisi inimengandung tiga unsur pokokYaitu :

1.       Kolektivitas manusia dengan pengaturan yang bekelanjutan dalam suatu system yang memiliki struktur tertentu
2.       Koordinasi usaha dengan orientasi tujuan, yang membedakannya dari kelompok lain, seperti keramaian , keluarga.
3.       Interaksi dengan lingkungan dalam arti organissi mempengaruhi  lingkungan, dan lingkungan mempengaruhi organisasi.

    Kedua definisi organisasi itu dianggap dapat mewakili pengertian organisasi oleh penulis lainnya

Sumber :http://triesnajuhari.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan.html Kertanegoro : Manajemen organisasi .P.T Widya Press . Jakarta. 1994 http://dhidotorg.wordpress.com/2011/01/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/http://fihrisanirahmah.blogspot.com/2012/01/1-pengertian-manajemen-dan-organisasi.htmlhttp://boycharotz1st.blogspot.com/2012/10/arti-pentingnya-organisasi-dam-metode.htmlhttp://fachrialwinttgrf.blogspot.com/2012/11/teori-organisasi-umum-1-arti-pentingnya.htmlhttp://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22297/P+1%262+arti-pentingnya-organisasi.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar